Nama
- Dany Permadi
NPM - 51415593
Kelas - 3IA21
Mata Kuliah - Pengantar Teknologi Game
Dosen - Syefani Rahma Deski
NPM - 51415593
Kelas - 3IA21
Mata Kuliah - Pengantar Teknologi Game
Dosen - Syefani Rahma Deski
Taktik Waypoint
Waypoint
adalah titik acuan / kumpulan koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi
untuk mengidentifikasi sebuah titik di peta. Koordinat-koordinat itu biasanya
menyertakan longitude, latitude, dan kadang altitude untuk keperluan navigasi
di udara. Waypoint digunakan di berbagai navigasi yang tidak memiliki jalur
yang tampak seperti navigasi di udara dan navigasi di laut, juga navigasi di
darat yang tidak memiliki jalur yang jelas. Khusus navigasi di darat yang tidak
menggunakan manusia sebagai penentu arah melainkan robot, waypoint digunakan
meski terdapat jalur yang jelas. Hal ini penting agar robot tetap memiliki
rute.
Waypoint dibagi menjadi dua jenis, yaitu waypoint fly by dan waypoint fly over. Waypoint fly by tidak melewati lokasi di atas way point namun tetap menuju ke arah tujuan, sedangkan waypoint fly over melewati lokasi di atas way point. Setelah satu waypoint terlewati, maka pilot harus menetapkan waypoint berikutnya yang disebut dengan waypoint aktif.
Waypoint dibagi menjadi dua jenis, yaitu waypoint fly by dan waypoint fly over. Waypoint fly by tidak melewati lokasi di atas way point namun tetap menuju ke arah tujuan, sedangkan waypoint fly over melewati lokasi di atas way point. Setelah satu waypoint terlewati, maka pilot harus menetapkan waypoint berikutnya yang disebut dengan waypoint aktif.
Analisis Taktik
Taktik
adalah suatu akal yang dirancang dan akan dilaksanakan dalam permainan.
Macam-macam Taktik, yaitu :
- Taktik Perorangan
- Taktik Kelompok
- Taktik Beregu
Taktik Pathfinding
Path finding merupakan metode yang sangat dibutuhkan pada
berbagai game, terutama game 3D. Path finding digunakan untuk menentukan arah
pergerakan suatu objek berdasarkan keadaan lokasi dan object disekitarnya dari
suatu titik ke titik lain. Pathfinding merupakan cara untuk mendapatkan rute
antara dua buah point, beberapa agoritma yang dapat diterapkan antara lain
brute force, BFS, DFS.
Sumber :
- Murdiyanto, J., 2014. Pengantar Teori Game Tactikal Strategy, Way Point dan Analisis Taktik Game. [Online] Available at: http://jokomurdiyanto.blogspot.co.id/2014/04/pengantar-teori-game-tactikalstrategy.html.
- Wahyudi, E., n.d. [Online] Available at: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/652/jbptunikompp-gdlediwahyudi-32571-10-unikom_e-2.pdf.
- https://adiazep.wordpress.com/2018/01/10/teknik-pengembangan-ai/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar